Minggu, 24 Juni 2018

Solusi mengatasi tidak mendukung tema dari pihak ketiga miui 9.5

Solusi mengatasi tidak mendukung tema dari pihak ketiga miui 9.5 - Xiaomi resmi memberikan updatean MIUI terbarunya yaitu MIUI dengan versi 9.5. Pembaruan versi ini membawa banyak fitur menarik seperti fitur quick reply yang merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi Sobat. Semua tipe Xiaomi mendapatkan pembaruan MIUI 9.5 sehingga Sobat bisa dengan mudah mendapatkan fitur-fitur menarik terbaru dari Xiaomi.

Namun dari banyaknya pengoptimalan dan fitur terbarunya di versi MIUI 9.5 ternyata pada versi MIUI terbaru Sobat tidak akan bisa melakukan pemasangan tema pihak ketiga dan Aplikasi Mi Theme Editor yang menjadi satu-satunya alat bagi pengguna MIUI Global Stabil, tidak bisa menerapkan tema pada Xiaomi MIUI 9.5 terbaru.

Jadi permasalahan utama ketika Sobat menggunakan MIUI 9.5 adalah Sobat tidak akan bisa melakukan installasi atau pemasangan tema pihak ketiga bila mana Sobat tetap melakukan pemasangan tema maka Xiaomi akan memunculkan pesan error “3rd party. Error 402”.
Jadi bagaimana solusi untuk pemasangan tema pihak ketiga di MIUI 9.5? tenang, meskipun tidak bisa melakukan pemasangan tema pihak ketiga namun serbaxiaomi.com memiliki cara untuk mangatasi masalah tersebut tanpa harus membuat akun Mi Theme Editor atau bahkan melakukan Rooting.

Solusi Install Tema MIUI 9.5 Pihak Ketiga
Sebelum kita masuk ke langkah-langkah cara memasang tema pihak ketiga di MIUI 9.5, Sobat  harus sudah menyiapkan tools berikut:
1. Tema dan atau font dengan jenis file .MTZ
2. Aplikasi MiRape
3. Untuk memudahkan Sobat, berikut serbaxiaomi.com siapkan tema dan file yang saya gunakan pada tutorial ini, seperti: tema iOS Alakadarnya 11.2.1 Center Clock atau jam di tengah untuk ukuran layar 5inchi dan file MiRape.apk.

Langkah Pemasangan Tema MIUI 9.5 Pihak Ketiga
1. Open File Manager, selanjutnya ganti ekstensi file tema dari .MTZ menjadi .ZIP dengan cara me-rename.
2. Ekstrak file tema dengan ekstensi .ZIP.
3. Install aplikasi MiRape yang sudah Sobat unduh.
4. Open aplikasi MiRape selanjutnya pilih Titik Tiga di bagian atas kanan kemudian New Project.
5. Isi data dari tema seperti: TitleDesignerAuthorVersionuiVersion, dan Description. Isi data boleh sesuka Sobat.
6. Jika sudah diisi, lalu SAVE, dan kembali.
7. Tap tema yang dibuat, pilih Edit Project lalu pilih Titik Tiga di bagian atas kanan kemudian Import File. Selanjutnya cari tema yang sudah di ekstrak tadi, pilih semua file yang ada di folder tema tersebut kecuali file description.xml, kembali.
8. Masih di menu Edit Project, pilih Titik Tiga di bagian atas kanan lalu Import Folder. Selanjutnya cari tema yang sudah di ekstrak tadi, pilih folder Wallpaper saja, kemudian OK.
9. Tap lagi tema yang dibuat, pilih Pack to MTZ. Tunggu sebentar proses pack ke mtz selesai, jika ukuran file tema besar maka prosesnya juga sedikit lama.
10. Pilih APPLY untuk menerapkan tema.
11. Selesai
Cara ini masih belum sempurna, namun bisa menjadi sedikit solusi bagi Sobat yang ingin melakukan pemasangan tema pihak ketiga di MIUI 9.5
Bila cara ini tidak berhasil silahkan Sobat mencoba cara PART ke 2 - Solusi mengatasi Tidak mendukung tema dari sumber pihak ketiga... Disini