Sabtu, 02 September 2017

7 Cara Ampuh Mengatasi Tunggu Sebentar Just a Sec Semua Xiaomi

Cara mengatasi Xiaomi yang lemot – Pada artikel kali ini akan membahas mengenai Xiaomi yang sering loading atau memunculkan pesan “TUNGGU SEBENTAR”.  Mungkin kebanyakan Sobat yang memiliki gadget dari Xiaomi banyak menjumpai hal ini dan tak  sedikit mengeluhkan atau bahkan terkadang membuat jengkel ketika pesan Tunggu Sebentar atau Just a Sec muncul di gadget Xiaomi Sobat, benar bukan?
Just a Sec / Tunggu Sebentar di Xiaomi

Sebelum jauh utuk melangkah mengenai bagaimana cara mengatasi Xiaomi yang lemot dan muncul pesan Tunggu Sebentar, alangkah baiknya Sobat mengetahui “Kenapa Xiaomi Muncul Tunggu Sebentar?”  

Sebenarnya masalah Just a Sec pada Xiaomi ini adalah masalah yang sudah lama dan masalah ini memang sudah banyak di perbincangkan di forum Xiaomi, karena memang masalah Tunggu Sebentar pada Xiaomi ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman pengguna gadget Xiaomi.

Untuk spesifiknya mengapa masalah Just a sec pada Xiaomi terjadi belumlah terungkap secara jelas, namun bisa jadi Tunggu Sebentar pada Xiaomi ini terjadi karena memang kapasitas memori atau aplikasi yang digunakan di gadget Sobat sudah terlalu banyak dan perlu untuk melonggarkanya, bukan hanya itu saja masalah notifikasi Tunggu Sebentar pada Xiaomi ini bisa jadi juga karena memang Sobat sedang melakukan akses aplikasi yang terlalu banyak dan juga terjadi penumpukan sampah pada memori yang memang harus Sobat segera bersihkan, karena ini akan menimbulkan memori pada gadget Sobat mengalami full dan berakibat terjadi gadget Xiaomi yang lemot.

Namun, alasan munculnya notifikasi Tunggu Sebentar / Just a Sec pada Xiaomi tersebut hanyalah pendapat Serbaxiaomi saja ya jadi bila mana ada kesalahan, harus di maklumi karena ini hanyalah pengalaman pribadi.

Baca Juga :
  1. CaraMempercepat Internet Xiaomi
  2. 3Aplikasi GPS untuk Xiaomi
Sudah tau kenapa notifikasi Just a Sec dan Tunggu Sebentar di Xiaomi muncul?
Langkah selanjutnya yaitu saatnya Sobat untuk melakukan cara mengatasi masalah ini, sebenarnya untuk masalah Just a Sec dan Tunggu Sebentar pada Xiaomi ada beberapa trik untuk mengatasinya jadi silahkan nantinya Sobat untuk melakukan salah satu cara yang sudah di sajikan pada artikel ini.

Tips Cara Mengatasi Just a Sec / Tunggu Sebentar di Xiaomi :
Pada artikel ini Serbaxiaomi mencoba memberikan 7 cara ampuh mengatasi Xiaomi yang lemot atau munculnya notifikasi Tunggu Sebentar / Just a Sec, silahkan Sobat untuk mencoba satu-persatu solusi cara dibawah ini.

1.      Perbarui MIUI
Apakah MIUI versi Sobat adalah versi yang jadul? Atau MIUI yang belum terupadte? Mungkin ini bisa menjadi alasan kenapa Xiaomi Sobat lemot sehingga memunculkan Just a Sec / Tunggu Sebentar. Mulai lah untuk Upgrade atau memperbarui MIUI versi yang terbaru dengan cara membuka aplikasi pembaharuan dan klik periksa pembaharuan, jika muncul notifikasi MIUI terbaru silahkan download untuk memperbarui MIUI yang terbaru.

2.      Hapus Sampah
Pada dasarnya, jika gadget Xiaomi Sobat terlalu banyak sampah dan jarang dibersihkan dari file sampah maka Gadget Xiaomi Sobat akan mengalami lemot yang minta ampun, jadi mulai lah untuk selalu membersihkan file sampah dengan cara buka menu keamanan lalu pilih pembersihan dan secara otomatis sistem akan membersihkan file / berkas yang tidak berguna.

3.      Tetap Aktifitas
Tetap aktifitas atau Keep Activities adalah cara selanjutnya untuk mengatasi Xiaomi yang memunculkan notifikasi Just a Sec, pastikan Sobat sudah mengaktifikan mode Developer, jika belum silahkan aktifkan dengan cara masuk pada setting dan pilih tentang ponsel kemudian ketuk tulisan MIUI sebanyak 10x dan nanti akan muncul notifikasi Developer Option telah aktif. Jika sudah lalu keluar dan buka menu setting kembali -> pilih setelan tambahan -> klik Developer Option dan masuk cari pengaturan Dont Keep Activities lalu matikan fitur tersebut.

4.      Ganti Tema
Bila mana cara di atas belum berhasil maka selanjutnya mungkin Sobat perlu mengganti tema bawaan Xiaomi.

5.      Hapus Launcher
Kadang Launcher juga membuat Xiaomi menjadi lemot dan memakan bayank memori jadi, coba Sobat untuk menggunakan Launcher yang ringan atau tidak usah memakai launcher agar Xiaomi berjalan dengan ringan.

Baca Juga :

6.      Hapus Data yang tidak Berguna
Hapuslah data-data yang tidak berguna seperti foto-foto mantan ataupun file yang sudah tidak dipakai lagi, agar memori pada Xiaomi tidak terlalu banyak menyimpan file yang hanya akan membuat performa Xiaomi menjadi lemot.

7.      Hapus Aplikasi
Cara terakhir adalah uninstall aplikasi yang cukup besar atau yang banyak memakan memori Xiaomi agar Xiaomi mu tidak terlalu bekerja secara berat dan membuat performa Xiaomi lebih maksimal.
     
Nah itulah 7 Cara mengatasi Tunggu Sebentar pada Xiaomi, dan silahkan untuk mencobanya karena memang cara di atas sangat bermanfaat juga untuk performa gadget Xiaomi Sobat, dan sebenarnya Alasan tepat kenapa Xiaomi muncul notifikasi Tunggu Sebentar masih banyak di diskusikan dan inipun masalah tersebut masih banyak diperbincangkan di kalangan Sobat yang memiliki Gadget Xiaomi.
Semoga sajian Artikel di atas yang mengulas cara mengatasi dan alasan Xiaomi Tunggu Sebentar dapat bermanfaat untuk Sobat yang sedang mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.